Perbedaan Arti Shonen, Seinen, Shojo Penggemar Wajib Tau

apa itu Shonen, Seinen, Shojo? Manga dan adaptasi animenya dikategorikan ke dalam beberapa genre

Perbedaan Arti Shonen, Seinen, Shojo Penggemar Wajib Tau



apa itu Shonen, Seinen, Shojo? Manga dan adaptasi animenya dikategorikan ke dalam beberapa genre . Kata-kata dalam bahasa Jepang ini dimaksudkan untuk menentukan target audiens berdasarkan usia dan jenis kelamin pembaca. Tentu saja, klasifikasi ini tidak mengharuskan Anda membatasi diri pada satu kategori manga saja. Bahkan disarankan, bagi budaya kita secara umum, untuk menemukan genre baru!


Sekadar mengingatkan, manga adalah salah satu produk terlaris di Prancis. Ia semakin bersaing dengan komik dan kini berada di sebagian besar tempat di 50 besar penjualan Perancis . Pada tahun 2021, lebih dari 47 juta volume terjual, sebuah rekor bersejarah yang mewakili dua kali lipat dibandingkan tahun 2020. Kami mengamati kemunculan banyak penerbit setiap tahunnya dan masing-masing mengklasifikasikan perolehannya ke dalam beberapa genre, bahkan di bawah genre.

Apa itu Shonen


Genre Shonen secara harafiah berarti "anak laki-laki dan remaja" dalam bahasa Jepang. Target audiensnya adalah laki-laki dan berkisar antara 8 dan 18 tahun. Ini adalah genre paling populer di antara semua kategori manga. Itu dipopulerkan oleh karya-karya terkenal seperti Dragon Ball, Saint Seiya atau Olive dan Tom.

Sebagai aturan umum, kerangka karya jenis ini berkisar pada karakter utama yang akan menonjolkan nilai-nilai universal seperti persahabatan, selera untuk berusaha, melampaui diri sendiri atau semangat kelompok. Mereka biasanya merespons ancaman dengan kekerasan dan tidak mementingkan diri sendiri. Karya yang paling terkenal dan populer adalah Dragon Ball, Naruto, Demon Slayer, Bleach dan One Piece. Kita juga dapat menemukan Shonen yang lebih dewasa, terutama yang berkaitan dengan ekspresi grafis dari bentuk kekerasan tertentu seperti Attack on Titan atau  Death Note.


Shonen sering kali digunakan dengan canggung untuk mengkualifikasikan apa yang disebut karya “nekketsu”. Ini adalah subgenre yang sering kali berkisar pada aspek yang sama: pahlawannya adalah seorang anak yatim piatu, dia memiliki tujuan atau impian yang benar-benar ingin dicapai terlepas dari hambatannya. Dia sering kali memiliki akses ke kekuatan atau kemampuan luar biasa yang secara bertahap terungkap selama petualangannya. Musuh pertama yang mereka temui menjadi temannya. Pada titik tertentu dalam petualangan, elips temporal terjadi.

Shojo 


Genre shojo secara harafiah berarti komik untuk anak perempuan. Karya-karya bergenre ini menyasar penonton muda (remaja perempuan) dan perempuan. Secara tradisional, pembaca perempuan berusia antara 8 dan 18 tahun. Tentu saja, ada juga penonton pria yang sangat menyukai cerita romantis.

Karya dalam genre shojo menonjol karena kedalaman psikologisnya yang lebih besar pada tokoh protagonisnya, yang sebagian besar adalah perempuan. Dalam karya jenis inilah kita akan menemukan kisah cinta antara beberapa karakter, ekspresi perasaan batin atau pertanyaan yang lebih besar tentang kondisi wanita.

Tidak mengherankan jika mayoritas shojo mangaka adalah perempuan. Karya yang paling terkenal adalah Blue Spring Ride, Maid Sama, Orange, Fruits Basket dan Host Club – Le lycée de la séduction. Kami sangat menyarankan Anda untuk membaca Sawako dan Nana, yang merupakan dua monumen genre ini!

Manga Seinen

Manga Seinen bisa dibilang merupakan evolusi alami dari Shonen. Target audiensnya masih laki-laki, namun kini yang menjadi sasaran adalah generasi muda. Secara tradisional di Jepang, sebuah karya dianggap “seinen” jika sudah diterbitkan sebelumnya di majalah yang menargetkan pria dewasa muda. Ini bukan genre yang terpisah.

Ide seinen adalah untuk mengambil kode-kode besar Shonen, tetapi memperlakukannya dengan visi yang jauh lebih dewasa dan matang. Ekspresi kekerasan atau tema dewasa tertentu (ketelanjangan, seks, adegan berdarah-darah) lebih mudah disebarluaskan. Hal ini terutama berlaku dalam karya simbolis seperti Berserk, Tokyo Ghoul, atau Gantz.


Kadang-kadang, ini terutama merupakan cerminan dari tokoh protagonis, moral cerita, dan konflik intelektual yang mengarahkan sebuah karya ke arah penonton dewasa. Misalnya, mari kita bicara tentang 20th Century Boys, Monster, atau Vagabond. Kadang-kadang ada aksi yang kurang dinamis dibandingkan Shonen, tetapi Seinen suka memberikan konteks yang lebih mendalam, imajinasi pembaca, dan, kadang-kadang, dilema moral mereka.

Josei


Manga Josei adalah padanan feminin dari manga seinen. Penontonnya sebagian besar perempuan dan dewasa. Topik-topik yang dibahas selaras dengan perempuan yang sudah terintegrasi dalam kehidupan profesional, pernikahan, dan harapan lainnya. Seperti seinen dengan Shonen, manga Josei mengambil sebagian besar tema dan kekuatan shojo.

Secara garis besar genus ini dapat kita bagi menjadi beberapa jenis. Pertama, drama ini sering kali menempatkan seorang wanita sebagai pusat plot dan banyak tema masyarakat Jepang yang diangkat: perzinahan, pernikahan, kecantikan, cinta, karier, usia tua... Tema utama kedua berkaitan dengan fantasi romantis, yang terinspirasi oleh shojo. Kita kemudian menemukan wanita yang bertemu dengan pangeran menawan dan menikahi mereka. Tak jarang cerita seperti ini menjadi tempat berfantasinya banyak pembaca wanita, dengan sejumlah adegan seks. Selain itu, tema-tema mengenai seksualitas juga rutin dibahas: homoseksualitas, transeksualitas, kekuatan magis, reinkarnasi, hantu, dll.

Karya josei yang paling populer adalah Usagi Drop, Paradise Kiss, Kagerou Daze dan Karneval. Ini hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak nugget yang dapat dibaca dan semakin banyak diterbitkan di Prancis. Karya-karya lama seperti Kimi wa Pet (2000), Hachimitsu to Clover (2000) atau Nodame Cantabile (2001) tetap mendapat pengakuan penting di Jepang seperti di seluruh dunia.

Masalah klasifikasi Jepang


Keempat genre manga yang kita bahas di atas adalah unik untuk klasifikasi Jepang. Buku ini diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan audiens di Asia yang sangat berbeda dengan audiens di Perancis. Harapannya tidak sama, begitu pula tema, budaya, dan cara pengoperasiannya. Akibatnya, “penyesuaian” tertentu tidak dapat dilacak selama impor dan ekspor barang konsumsi tersebut.

Oleh karena itu, kami mencatat bahwa klasifikasi pekerjaan seinen atau Shonen terkadang berbeda antara satu negara Eropa dengan negara lainnya dibandingkan dengan Jepang. Jika Anda melihat situs berbahasa Inggris misalnya, Anda tidak akan terkejut melihat karya seperti Death Note atau Attack on Titan di-shonen atau seinen. Ambiguitas ini juga mempengaruhi karya shojo dan josei yang ditujukan untuk penonton perempuan. Faktanya, sulit untuk mengkategorikan karya yang mengambil semua kode suatu genre sambil menambahkan dimensi yang matang. Apa batasnya, apa batas antara keduanya?

Untuk masalah seperti inilah klasifikasi karya yang terlalu intens selalu dan akan menjadi bahan perdebatan. Terkadang mustahil untuk menempatkan sebuah karya besar yang terdiri dari beberapa lusin volume ke dalam satu kategori. Temanya akan selalu melimpah dan akan lebih adil jika membagi manga menjadi dua: untuk penonton pria atau wanita.

Jika hal ini memungkinkan penyederhanaan proses klasifikasi, serta identifikasi pembaca, maka akan timbul masalah: subjek dewasa. Beberapa karya dimasukkan ke dalam genre dewasa hanya dengan alasan untuk mengungkap adegan seksual, ketelanjangan, atau kekerasan visual. Video game, pada bagiannya, telah memilih klasifikasi usia (Pegi 16, 18, dll.).

LihatTutupKomentar