Apa itu Novel Ringan? Dan Apa tujuan novel ringan?

Novel ringan sering disebut dengan ranobe (ラノベ) atau umumnya LN. Mereka rata-rata 50.000 kata dan diterbitkan dalam format bunkobon (A6, 10,5cm × 14,8

Apa itu Novel Ringan? Dan Apa tujuan novel ringan?



Novel ringan (ライトノベル, raito noberu ) adalah gaya novel dewasa muda yang ditujukan terutama untuk siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi. Novel ringan sering disebut dengan ranobe (ラノベ) atau umumnya LN. Mereka rata-rata 50.000 kata dan diterbitkan dalam format bunkobon (A6, 10,5cm × 14,8cm).


Orang-orang yang menyukai manga suatu hari nanti menemukan referensi ke novel ringan. Pecinta anime yang mencari seri baru setiap musim pasti sudah menonton setidaknya satu seri berdasarkan novel ringan. Namun, jika Anda baru mengenal manga dan anime, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya novel ringan itu.

Apa itu novel ringan ?


Novel ringan adalah novel pendek, bertempo cepat, dan mirip manga. Sebagian besar menggunakan stereotip yang akrab bagi pembaca manga biasa. Beginilah cara kami menemukan komedi gila, kekerasan habis-habisan, refleks berlebihan. Perbedaan besarnya adalah ini adalah teks prosa dan bukan komik.

Karena itu, banyak penggemar manga membaca novel ringan dan sebagian besar penggemar novel ringan membaca manga. Pemirsa ini tumpang tindih, dan Anda akan melihat bahwa penerbit manga secara berkala merilis novel ringan selain manga mereka. Tumpang tindih pembaca bukanlah suatu kebetulan. Ilustrasi gaya manga hadir di banyak novel ringan. Tapi jangan berharap papan seperti yang ditemukan di manga. Gambar digunakan untuk mewakili karakter secara visual, bahkan untuk menerangi momen-momen penting dalam buku.

Karya-karya ini paling sering diilustrasikan dalam gaya manga dan sering diadaptasi menjadi manga dan anime. Sebagian besar novel ringan hanya diterbitkan sebagai buku, tetapi untuk beberapa bab pertama kali diterbitkan dalam seri bulanan di majalah kolektif sebelum dikumpulkan dan disusun menjadi buku, seperti halnya manga.


Novel ringan terkadang disamakan dengan novel untuk remaja. Analogi ini agak dibenarkan. Karakter dan alur cerita serial ini akan menarik bagi pembaca muda. Tulisan yang bersih juga bisa digunakan oleh pembaca yang karena satu dan lain hal tidak menginginkan prosa yang lebih detail dan narasi yang rumit, seperti yang sering terjadi pada karya sastra.

Apa tujuan novel ringan?


Novel ringan dikembangkan dari majalah stasiun. Pada tahun 1970-an, majalah-majalah populer Jepang berfokus pada ilustrasi awal setiap cerita dan memasukkan artikel tentang anime, film, dan video game populer. Buku-buku tersebut kemudian berkembang untuk memenuhi kebutuhan pembaca generasi baru dan diilustrasikan sepenuhnya dengan gaya populer. Serial paling terkenal kemudian dicetak dalam format novel mereka saat ini.

Seringkali, novel ringan diadaptasi menjadi manga, anime, dan film aksi. Beberapa di antaranya diserialkan di majalah sastra seperti Faust, Gekkan Dragon Magazine, The Sneaker dan Dengeki hp, atau di majalah media franchise seperti Comptiq dan Dengeki G's Magazine.

Rumah penerbitan Jepang terus mencari bakat baru. Idenya adalah membuat konsep skenario baru dengan harapan memenangkan kompetisi dan menikmati adaptasi. Produksi manga, kemudian anime meledakkan penjualan buku, tetapi juga lisensi untuk sebuah seri.

Penggunaan Furigana


Furigana adalah informasi yang ditulis dalam hiragana/katakana tentang pengucapan suatu kata. Bahasa Jepang memiliki ribuan karakter kanji. Tidak semua orang mampu membacanya. Namun, mungkin kata itu dikenal. Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihatnya di sebelah kanan.

Karya-karya ini umumnya lebih banyak menggunakan furigana daripada karya orang dewasa karena dua alasan: furigana memudahkan pembaca muda yang belum menguasai kanji sepenuhnya; dan penulis menghidupkan kembali penggunaan furigana untuk memberikan bacaan (pelafalan) kanji yang berbeda dari bacaan biasanya.

Penafsiran ini sering kali terinspirasi oleh kata-kata asing atau bahkan diciptakan sepenuhnya. Proses ini dimaksudkan untuk memberikan beberapa tingkat makna pada kata-kata tertentu, didasarkan pada fakta bahwa setiap kanji (atau kelompok kanji) memiliki makna linguistik dan rangkaian pengucapan. Kami menemukan fenomena yang sama di manga.

Perbedaan antara novel ringan dan novel Jepang biasa ada pada ilustrasinya. Banyak novel ringan menampilkan penggambaran seperti manga. Mereka menampilkan sisipan berwarna di awal setiap adegan dan mungkin berisi spoiler. Terkadang gambar hitam putih menggambarkan situasi yang terisolasi.

Semua novel ringan tidak harus menyertakan semua ilustrasi ini, yang membuat situasinya menjadi lebih kompleks. Kesulitannya juga beberapa penerbit menggunakan istilah “light novel” untuk karya yang hanya berupa novel, untuk menarik perhatian para pecinta light novel.

Kenapa judulnya panjang?

Banyak novel ringan berasal dari sinetron online yang diposting di blog atau forum. Penerbit paling sering mengambil judul-judul ini, membantu penulis mengerjakan ulang, dan kemudian merilisnya sebagai novel ringan. Elemen karakteristik dari asal-usul online ini adalah judulnya. Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa novel ringan menampilkan judul ilustratif panjang yang dibaca seperti deskripsi plot.

Ada alasan yang jelas untuk fenomena ini. Platform novel web (atau novel web) menyertakan banyak sekali judul yang bersaing untuk menarik perhatian pembaca. Jadi bagaimana Anda menarik pengunjung yang mungkin tidak pernah mengklik judul untuk membaca ringkasan plot? Cukup tulis judul yang deskriptif, panjang, dan komprehensif.

Berikut adalah beberapa contoh yang mungkin Anda kenal:

  • That Time I Got Reincarnated as a Slime
  • My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected
  • The Saga of Tanya the Evil
  • My Next Life as a Villainess: All Routes Lead to Doom!
  • Arifureta: From Commonplace to World’s Strongest
  • Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai
  • KonoSuba: God’s Blessing on this Wonderful World!

Apa novel ringan terlaris?

Light novel mengambil tempat yang menonjol dalam budaya 2D Jepang pada akhir tahun 2000. Franchise "A Certain Magical Index" adalah novel ringan terlaris sepanjang masa. Jumlah seri yang dirilis setiap tahun terus meningkat. Mereka biasanya diilustrasikan oleh seniman pixiv paling terkenal dan karya paling sukses diadaptasi menjadi manga, anime, game, dan film aksi.


Sejak pertengahan tahun 2000, ada kecenderungan yang meningkat bagi penerbit untuk menghubungi penulis fiksi web di blog atau situs web mereka untuk menerbitkan karya mereka di media cetak. Buku-buku ini biasanya banyak diedit dan bahkan menampilkan perubahan cerita, yang mungkin memikat seseorang yang telah membaca buku tersebut secara online untuk membeli versi cetaknya.

Anda akan menemukan pada tabel di bawah daftar novel ringan yang penjualannya telah melebihi 10 juta eksemplar:

  • A Certain Magical Index Kazuma Kamachi 31 millions
  • Sword Art Online Reki Kawahara 30 millions
  • That Time I Got Reincarnated as a Slime Fuse 30 millions
  • The Irregular at Magic High School Tsutomu Satō 22 millions
  • Haruhi Suzumiya Nagaru Tanigawa 20 millions
  • Slayers Hajime Kanzaka 20 millions
  • Kagerou Project Shizen no Teki-P 15 millions
  • Sorcerous Stabber Orphen Yoshinobu Akita 14 millions
  • Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon? Fujino Ōmori 13 millions
  • The Twelve Kingdoms Fuyumi Ono 12 millions
  • The Apothecary Diaries Natsu Hyūga 12 millions
  • Full Metal Panic! Shoji Gatoh 11 millions
  • Overlord Kugane Maruyama 12 millions
  • The Rising of the Shield Hero Aneko Yusagi 11 millions
  • Re:Zero − Starting Life in Another World Tappei Nagatsuki 11 millions

Penjualan novel ringan mencapai 30,1 miliar yen pada tahun 2009, terhitung sekitar 20% dari semua penjualan novel berformat bunkobon di Jepang. Anak perusahaan penerbitan Kadokawa Corporation, pemilik label besar seperti Kadokawa Sneaker Bunko dan Dengeki Bunko, mewakili 70 hingga 80% pasar.

LihatTutupKomentar