Perbedaan Manga/Manwha dan Webtoon Yang Harus Kamu Tau

Manga adalah komik strip Jepang, sebagian besar berwarna hitam putih . Sebagian besar produksi didasarkan pada gaya yang dikembangkan sejak akhir abad

Perbedaan Manga/Manwha dan Webtoon Yang Harus Kamu Tau



Tapi apa itu manwha, webtoon, atau bahkan manga? Perbedaan apa? Banyak dari kita yang rutin membaca komik Asia. Biasanya yang terakhir ini akan lebih sukses ketika diadaptasi menjadi serial animasi. Impor dari Asia mewajibkan, ada banyak leksikon seputar komik di luar Barat. Temukan di bawah artikel ringkasan untuk membedakannya dan tidak membuat kesalahan lagi.

Manga


Manga adalah komik strip Jepang, sebagian besar berwarna hitam putih . Sebagian besar produksi didasarkan pada gaya yang dikembangkan sejak akhir abad ke-14. Beberapa orang juga menyebut anime Jepang sebagai manga. Penulis manga adalah mangaka.

Benar media massa, manga dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia. Ada ribuan karya berbeda yang diperuntukkan bagi segala usia dan jenis kelamin. Beberapa ekspresi digunakan untuk membedakan genre manga. Umumnya, hal ini sesuai dengan target editorial majalah tempat setiap manga diterbitkan.


Manga dibaca dari kanan ke kiri dan dari atas ke bawah, seperti kebiasaan di Jepang untuk semua buku. Ibarat sebuah buku, perkembangan manga terjadi pada halaman-halaman yang kita buka. Cerita tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa kotak yang mempunyai urutan bacaan (selalu dari kanan ke kiri). Ada juga spread dua halaman yang memungkinkan Anda menggunakan lebar penuh dua halaman.

Manga diproduksi dalam bentuk volume (atau buku tebal) sebanyak 200 halaman. Ada juga salinan ganda yang menggabungkan dua volume menjadi satu, paling sering sebagai bagian dari penerbitan ulang atau acara.
Selama dekade terakhir, manga terpopuler juga telah tersedia dalam versi digital. Anda kemudian dapat membeli salinannya dengan harga lebih rendah di platform seperti Kindle.

Penerbitan masing-masing manga dilakukan terlebih dahulu di majalah mingguan dalam bentuk chapter. Kecepatan tergantung pada masing-masing penulis majalah yang bersangkutan. Serial populer seperti Naruto, One Piece atau Bleach diterbitkan setiap minggu dengan satu bab sekitar lima belas halaman, dalam versi kertas dan digital.

Istilah manga sering disalahgunakan untuk menyebut komik yang diproduksi di negara lain, selalu bermodel manga. Jadi, Radiant, manga yang dibuat oleh orang Prancis, adalah sebuah "manfra". Dalam kasus model Tiongkok, kita berbicara tentang "manhua", dan "manwha" untuk komik Korea.

Manwha


Manhwa adalah komik strip Korea. Ini adalah nama untuk "komik strip" dalam bahasa Korea dan, khususnya di Barat, istilah manhwa digunakan untuk merujuk pada komik Korea.

Webtoon dapat ditemukan dalam beberapa format. Hingga tahun 2000-an, produksi berfokus pada format kertas, seperti volume manga Jepang. Kemudian, dengan demokratisasi digital, variasi digital berangsur-angsur muncul. Popularitas manhwa telah meledak di internet baru-baru ini dengan serial hit seperti Solo Leveling. Penulis manhwa adalah manhwaga (만화가; 漫畵家).

Keuntungannya adalah banyak webtoon yang dirilis setiap minggu secara gratis, terutama di jaringan Naver di Korea Selatan. Dengan demikian, banyak penduduk dapat pergi ke "Google Korea" untuk menemukan kelanjutan petualangan komik strip mereka tanpa mengeluarkan uang dan tanpa usaha. Beberapa serialisasi berbayar atau dapat diakses melalui langganan umum. Kami bahkan tidak akan berbicara tentang bacaan online ilegal yang tersebar luas di seluruh dunia.

Manhwa dibaca searah dengan buku-buku Barat: dari kiri ke kanan dan horizontal. Inilah makna yang digunakan orang Korea dalam bacaan sehari-hari mereka. Namun terkadang ada karya tertentu yang dibaca secara vertikal, dari kanan ke kiri, dan dari atas ke bawah. Paling sering, ini mengacu pada pengaruh Cina.


Secara historis, istilah "manhwa" pertama kali digunakan pada tahun 1920-an di Korea. Saat itu, semenanjung berada di bawah dominasi Jepang dan istilah ini digunakan untuk menyebut kartun. Popularitas komik benar-benar meledak selama tahun 1950-an dan 1960-an, yang mengarah pada penciptaan berbagai gaya dan munculnya seniman dari segala jenis.

Sunjeong, misalnya, menunjuk pada kategori manhwa yang menceritakan kisah yang mengandung romansa, ditujukan untuk remaja putri (seperti shojo untuk manga). Pada saat inilah lahirlah perusahaan-perusahaan khusus, seperti manhwabang, sejenis kafe dan toko buku komik. Dengan harga tetap, semua orang bisa duduk dan membaca sesuai keinginan. Hal ini memungkinkan demokratisasi manhwa pada awalnya.

Kediktatoran yang berkuasa di Korea Selatan saat itu tidak menghargai emansipasi bangsa bungsu. Sejak pertengahan tahun 1960-an, beberapa undang-undang sensor disahkan untuk mengatur publikasi sebanyak mungkin.

Webtoon


Webtoon adalah salah satu jenis komik digital yang berasal dari Korea Selatan. Oleh karena itu, ini adalah manhwa dalam bentuk digital, ditujukan untuk komputer dan ponsel pintar. Saat ini, sebagian besar manhwa diterbitkan dalam bentuk webtoon, karena hal ini memungkinkan distribusi instan dan lebih banyak lagi setelah dirilis oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia.

Seringkali, webtoon diedit sebagai sebuah episode. Oleh karena itu, disajikan sebagai strip vertikal tunggal, yang berbeda dari halaman manga atau kertas manhwa. Hal ini memungkinkan pembacaan lebih mudah di ponsel dan komputer, pengguna hanya perlu "scroll" (menggulir secara vertikal) untuk maju dalam cerita.

Selain kesan membaca, kekhasan penting dari webtoon adalah umumnya berwarna. Hal ini memungkinkan untuk memberikan sentuhan tambahan nyata pada aksi dan narasinya. Namun, dibutuhkan banyak usaha untuk mendapatkan hasil yang baik dan industri ini memiliki banyak ahli untuk mewarnai kotak secara efektif.


Publikasi webtoon bervariasi menurut penulis dan panjang bab. Namun, bab baru biasanya muncul setiap minggu atau bulan. Biasanya, Anda memerlukan waktu 15-30 menit untuk membaca bab baru sepenuhnya.


LihatTutupKomentar