Mengenal Macam-macam Asuransi Sesuai Kebutuhan!

Bingung apa saja macam-macam asuransi di Indonesia? Jangan khawatir, berikut akan dijelaskan 7 macam asuransi sesuai dengan kebutuhan anda!

Mengenal Macam-macam Asuransi Sesuai Kebutuhan!



Macam-macam asuransi memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Untuk itu, seseorang perlu tahu serta mengenali apa saja jenisnya sesuai kebutuhan agar dapat menunjang kehidupan lebih layak.

Walaupun istilah asuransi sering terdengar setiap hari, namun kebanyakan orang di Indonesia masih belum paham tentang asuransi dan belum banyak yang menggunakannya. Hal ini tercatat pada data Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kondisi ketidakpahaman masyarakat tentang hal tersebut terutama pada saat membeli polis serta proses klaim. Sehingga hal tersebut membuat banyak orang merasa bingung manfaat dari masing-masing jenis layanan perlindungan.

Mengenal Pengertian dan Macam-Macam Asuransi

Sebelum membahas tentang jenis layanan perlindungan di Indonesia, anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian asuransi dengan benar. Mengacu pada OJK, Asuransi ialah perjanjian yang dibuat antara jasa layanan dengan masyarakat sebagai pemegang polis. 

Dengan perjanjian tersebut, maka hak serta kewajiban antara jasa layanan dengan pemegang polis sudah diatur. Anda sebagai pemegang polis berhak mendapatkan penggantian, proteksi atau perlindungan, dari kerusakan, kehilangan, serta kematian dari jasa layanan perlindungan.

Akan tetapi, hak tersebut bisa diperoleh ketika pemegang polis juga melakukan kewajibannya yaitu membayar premi kepada pihak jasa layanan tersebut. 

Dari pengertian serta penjelasan singkat tentang layanan perlindungan, dapat disimpulkan bahwa macam-macam asuransi menawarkan manfaat dalam meminimalisir risiko atas ketidakpastian yang tidak terduga. Misalnya seperti kehilangan, kecelakaan, bahkan kematian, anda dapat memperkecil risiko kerugiannya.

Ada 5 poin manfaat yang perlu anda tahu yakni sebagai berikut :

1. Melindungi keuangan anda dari risiko secara tiba-tiba
2. Melindungi tabungan sehingga tetap dapat mewujudkan masa depan
3. Meminimalisir risiko pengeluaran masa depan keluarga saat kematian datang
4. Melindungi mental serta kesehatan saat terjadi risiko kecelakaan
5. Melindungi risiko investasi anda di masa depan

Agar semua manfaat tersebut sesuai dan dapat berjalan maksimal, maka anda perlu memahami apa saja jenisnya pada pembahasan berikut.

Macam-Macam Asuransi untuk Kebutuhan Anda

Tiap jenis layanan perlindungan tentunya memiliki manfaat serta kegunaannya masing-masing. Bahkan dalam pemberian hak kepada pemegang polis, jumlah nominal dari pada setiap jenis juga berbeda-beda.

Berikut ini ada 7 macam asuransi yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa layanan tersebut :

1. Jiwa

Jenis ini memberikan keuntungan finansial apabila pemegang polis mendapati sakit secara tiba-tiba, menderita cacat total, bahkan hingga kematian. Sebelum memutuskan untuk memilih jenis ini, anda perlu memahami sistem dan metode yang ditawarkan.

Sebab terdapat jasa layanan dengan memberlakukan sistem pembayaran setelah kematian. Akan tetapi ada pula yang memperbolehkan pemegang polis untuk mengklaim dana sebelum kematian datang.

2. Kesehatan

Jenis ini merupakan produk yang paling populer diantara macam-macam asuransi lainnya. Proteksi kesehatan menangani masalah kesehatan serta melindungi keuangan anda dalam menanggung biaya perawatan hingga sembuh.

Secara umum, jenis penyakit yang ditanggung oleh jenis ini yaitu sakit, cacat, bahkan kematian. Untuk memilih jenis polis, maka boleh menyesuaikan dengan kemampuan keuangan. 

Misalnya jika ingin membeli produk kesehatan, anda dapat memilih produk rawat inap saja atau rawat jalan.

3. Kendaraan

Selain nyawa dan kesehatan, kendaraan sebagai keperluan sehari-hari juga perlu adanya proteksi khusus. Dengan menggunakan asuransi kendaraan, hal tersebut dapat membuat anda terhindar dari kerugian atas ketidakpastian kedepannya.

Jenis ini memberikan manfaat atas perlindungan kendaraan apabila terjadi kecelakaan. Pemegang polis akan mendapatkan keringanan dalam biaya perbaikan kendaraan. Selain itu, dengan proteksi kendaraan membuat harga kendaraan lebih bersaing apabila akan menjualnya.

4. Hari Tua

Apabila seseorang sudah tidak lagi produktif di usia pensiun, maka dengan membeli produk jaminan hari tua dapat membantu anda dalam mempersiapkan dana untuk hari tua.

Jenis ini akan memberikan manfaat lebih dari tabungan biasa, seseorang dapat merancang masa pensiun serta tidak perlu khawatir lagi ketika sudah tidak lagi produktif dan menghasilkan uang di hari tua.

5. Korporasi

Merupakan layanan kumpulan untuk memberikan perlindungan kepada karyawan di suatu perusahaan. Perusahaan akan memberikan jenis ini untuk memelihara karyawan sebagai aset berharga agar tetap bekerja dengan nyaman.

6. Kecelakaan

Sebagian besar masyarakat Indonesia belum sadar akan pentingnya jenis layanan satu ini. Sebab banyak dari mereka belum menggunakan produk tersebut padahal jenis layanan tersebut dapat mengcover biaya perawatan seseorang apabila terjadi kecelakaan.

Risiko kecelakaan dapat terjadi kapan saja bahkan ketika seseorang tidak melakukan aktivitas sama sekali. Dengan jenis layanan perlindungan tersebut, seseorang dapat terhindar dari risiko kerugian akibat kecelakaan.

7. Pendidikan

Terdapat dua jenis produk yang ditawarkan yakni asuransi dwiguna dan unit link. Asuransi dwiguna merupakan produk gabungan antara perlindungan untuk jiwa serta telah dikombinasikan dengan instrumen pasar.

Sedangkan asuransi pendidikan unit link adalah kombinasi asuransi jiwa dengan investasi. Keuntungan dari investasi akan dibagi untuk jenjang pendidikan anak.

Berbagai asuransi diatas dapat ditemukan pada jasa layanan perlindungan di Indonesia. Sebelum membeli salah satu produk perlindungan, sebaiknya memahami terlebih dahulu segi manfaat dan pembiayaannya. Pastikan anda membeli produk dari macam-macam asuransi sesuai kebutuhan.

LihatTutupKomentar