AMD Ryzen 3 Vs Core i3 Cocok untuk User Budget Terjangkau

memilih prosesor AMD Ryzen 3 atau Intel Core i3, maka baiknya sesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk gaming, multitasking, atau tugas berat lainnya.

AMD Ryzen 3 Vs Core i3 Cocok untuk User Budget Terjangkau


Memilih prosesor untuk komputer dengan biaya terjangkau, maka Anda bisa menggunakan AMD Ryzen 3 atau Intel Core i3. Tidak sedikit orang yang bingung saat harus memilih prosesor untuk laptop atau komputernya Apalagi sekarang semakin banyak jenis prosesor bermunculan dari beragam produsen dan tentunya dengan spesifikasi yang makin lengkap. Sehingga membuat perbedaan jenis-jenis hardware komputer ini semakin sulit dimengerti.

Ryzen 3 dan Core i3 ini memang kerap dijadikan pilihan hampir semua orang. Terutama jika Anda ingin merakit komputer atau membeli laptop namun budgetnya terjangkau, jadi dapat memilih salah satunya. Ryzen 3 sendiri ialah prosesor dari AMD yang baru beberapa tahun dirilis, sementara Core i3 prosesor dari Intel dan sudah populer sejak dulu. Keduanya punya perbedaan cukup mendasar.

Perbedaa Antara AMD Ryzen 3 dan Intel Core i3


Ketika memilih prosesor untuk komputer atau pc, pastinya performa jadi satu faktor penting di mana wajib dipertimbangkan. Ryzen 3 dan core i3 ini merupakan prosesor entry level serta cukup sering dibandingkan.

Agar lebih jelas, maka Anda harus tahu apa saja perbedaan dari kedua prosesor ini. Berikut beberapa perbedaan yang dimiliki Core i3 dan Ryzen 3, jadi bisa lebih mudah menentukan pilihan:

1.Jumlah core

Untuk perbedaan pertama ini, Core i3 memang mempunyai jumlah core yang lebih sedikit. Core i3 totalnya ada 2 core serta 4 thread, sedangkan Ryzer 3 punya 4 core 4 thread.
Itu berarti AMD Ryzen 3 mampu menjalankan lebih beragam tugas sekaligus bersama karena memiliki inti yang cukup banyak. Misalnya rendering video atau multitasking.

2.Kecepatan clock

Meskipun core atau inti yang dipunyai oleh Ryzen ada banyak jumlahnya, tapi Core i3 punya kecepatan clock lebih besar. Tentunya ini menunjukkan secepat apa prosesornya bekerja memproses sesuatu.
Terutama pada tugas tertentu, Core i3 memiliki kecepatan clock yang tinggi. Sehingga apabila memerlukan kecepatan prosesor, maka Intel akan lebih unggul.

3.Gaming

Jika dilihat dari performa gaming-nya, prosesor milik AMD ini memang lebih unggul dibandingkan Intel. Itu disebabkan Ryzen 3 punya grafis bagus, terutama untuk game dengan kemampuan grafis tinggi.
Dilihat dari beda performa AMD Ryzen 3 dan Intel Core i3, maka menunjukkan AMD lebih baik dipakai untuk multitasking dan gaming. Sementara Core i3 cocok untuk tugas dengan kecepatan clock.

Keunggulan dari Intel Core i3


Prosesor AMD dan Intel merupakan dua jenis yang populer dikalangan pengguna untuk merakit PC atau membeli laptop. Walaupun performa keduanya cukup baik, namun core i3 punya kelebihan dibanding Ryzen 3.
Salah satunya ialah integrated GPU-nya lebih bagus dan ini membuat intel jadi cocok dipakai untuk mengoperasikan aplikasi serta game dengan grafis bagus. Sehingga kualitas grafisnya juga lebih jelas dan detail.
Selain itu kelebihan Core i3 dibanding AMD Ryzen 3 lainnya ialah pada dukungan teknologinya yang lebih bagus. Misalnya Hyper Threading, teknologi virtualisasi, dan turbo boost.
Teknologi tersebut nantinya bisa menghasilkan performa yang lebih bagus lagi. Selain itu keunggulan lainnya ialah konsumsi dayanya lebih hemat dibandingkan Ryzen 3, jadi sangat tepat dipakai untuk komputer berdaya rendah
Core i3 juga punya sejumlah fitur tambahan lain, misalnya dukungan motherboard yang lebih beragam. Selain itu juga memberikan beragam kemudahan untuk proses overclocking serta harganya lebih terjangkau.
Jadi ketika memilih AMD atau intel, maka pertimbangkan kebutuhannya masing-masing. Tapi Ryzen 3 ini intinya lebih tinggi dan harganya terjangkau, sehingga dapat dijadikan pilihan terbaik untuk kegiatan multitasking

Kelebihan yang Dimiliki AMD Ryzen 3


Prosesor Ryzen 3 serta Core i3 merupakan jenis yang kerap kali dipertimbangkan oleh para pengguna. Terutama jika ingin merakit atau membeli komputer maupun laptop dengan budget lebih terjangkau.
Walaupun keduanya terlihat mirip satu sama lain, tapi prosesor AMD ini punya sejumlah kelebihan. Di mana bisa membantu untuk tingkatkan kinerja perangkat dibandingkan prosesor intel, jadi Anda harus tahu kelebihannya.
Kelebihan AMD Ryzen 3 pertama ialah jika digunakan untuk kegiatan multitasking, maka performanya akan lebih bagus. Karena mempunyai banyak inti serta treading, maka akan sangat membantu pengguna memproses tugas bersamaan.
Selain itu prosesor AMD ini juga terbukti lebih menghemat daya karena mengusung teknologi 14 nm FinFET. Di mana daya yang diperlukan jadi lebih rendah dibandingkan milik Intel dengan teknologi 22 nm.
Prosesor AMD ini juga memang bukan termasuk yang terbaik di pasarannya. Akan tetapi harga yang dibanderol lebiih murah dan itu membuat Ryzen 3 dijadikan sebagai pilihan tepat untuk komputer terjangkau.
Kedua prosesor ini punya kelebihan sendiri dan dapat disesuaikan kebutuhan. Sehingga apabila Anda ingin mendapatkan prosesor integrated GPU bagus dengan teknologi lebih baik dan dayanya rendah, maka bisa memilih Core i3.
Sementara itu jika mencari performa tinggi untuk gaming atau aplikasi berat lain, maka Ryzen 3 pilihannya. Perhatikan perbedaan AMD Ryzen 3 dan Intel Core i3 agar lebih mudah menentukan pilihannya.

LihatTutupKomentar